Profil
IDENTITAS MADRASAH
Nama : MI PlusJâ-alHaq
Berdiri : Ahad, 01 Juni 2008 M./23 Jumadil Ula1429 H.
NPSN : 60728459
NSM : 111217710007
Akte Notaris Yayasan : Irawan, SH, Nomor : 46, tanggal 13 Maret 2006,diperbaharui dengan Akte Notaris Idayanti, SH. No. 30, 10 November 2012, diperbaharui kembali dengan Akte Notaris Idayanti, SH No. 68, 23 Januari 2015, Diperbaharui No akta/tanggal: 93/27 April 2017
Izin Operasional : 93 tahun 2017
Alamat
- Jalan : Bhayangkara No. 43
- Kelurahan : Sidomulyo
- Kecamatan : Gading Cempaka
- Kabupaten/kota : Bengkulu
- Provinsi : Bengkulu
Lembaga Pengelola : Yayasan Jam’iyyah Khatmil Qur’an Jâ-alHaq
Alamat : Jl. RE. Martadinata, No.04, RT.06, RW.02, Kel. Muara Dua Kec. Kampung Melayu, Kota Bengkulu
Satuan pendidikan : MI Plus Jâ-alHaq
Alamat : Jln. Bhayangkara no 43 Kelurahan Sidomulyo Kec. Gading Cempaka, Kota Bengkulu
Waktu Sekolah : Kelas 1 – 2 : 07.30 – 14.00 WIB
Kelas 3 – 6 : 07.30 – 16.00 WIB
I. MI Plus Jâ-alHaq
A. Selayang Pandang
Support terhadap kecerdasan majemuk santri, merupakan upaya madrasah dalam mengoptimalkan kecerdasan mereka. Madrasah dan para pendidiknya, memiliki paradigma bahwa tujuan utama pendidikan adalah mengembangkan berbagai potensi santri, menciptakan generasi yang mandiri dan menjadikan santri merasa sebagai sosok yang berharga dengan potensi unik dirinya.
Madrasah Ibtidaiyah Plus Jâ-alHaq merupakan lembaga pendidikan tingkat dasar yang bernaung dibawah Yayasan Jam’iyyah Khatmil Qur’an Jâ-alHaq. Sebagai madrasah swasta, MI Plus Jâ-alHaq berada di bawah koordinasi Kementerian Agama Propinsi Bengkulu dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Bengkulu. MI Plus Jâ-alHaq didirikan pada hari Ahad, 01 Juni 2008 M./ 23 Jumadil Ula 1429 H.dan dirancang untuk menyiapkan anak didik agar menjadi santri yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt., berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, dapat berperan aktif dengan sesama makhluk, memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, mengenal dan mencintai bangsa serta kebudayaannya, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan diri secara terus-menerus.
Penerapan program Full Day School di MI Plus Jâ-alHaq merupakan upaya optimalisasi pemberian pendidikan umum secara berimbang dengan pendidikan agama. Pendalaman-pendalaman materi pelajaran umum terutama dibidang Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Sains Dicreate dalam wadah Student Smart Clubyang diselenggarakan setiap hari sesuai dengan schedule.Sedangkan pendidikan agama madrasah yang disebut dengan program takhashshush secara proporsional diberikan, meliputi bidang mengaji Alquran, hafalan doa, hadis, dan surat pendek juga materi pelajaran nahwu, shorof, tauhid dan tajwid pada pemahaman tingkat dasar.
Upaya internalisasi dasar-dasar nilai keislaman dan penanaman karakter pada santri, diintegrasikan secara holistic dengan melakukan korelasi dan koneksi keseluruhan komponen yang ada di lingkungan madrasah.Dengan demikian sesungguhnya madrasah berupaya mewujudkan konsep One Stop Learning (Jâ-alHaq sebagai pusat pembelajaran).Karena, orang tua santri tidak perlu lagi memberikan les-les dan kursus-kursus di lembaga kursus yang ada.
Semua kebutuhan santri akan pembelajaran diupayakan dapat terpenuhi di madrasah ini dengan pembiayaan yang seimbang. Hal ini kemudian menjadi hal yang bernilai plus bagi lembaga pendidikan setingkat Madrasah Ibtidaiyah. Terlebih metode pembelajaran dirancang sedemikian rupa agar memenuhi unsurIslamic, Educating, Chalenging, Moving dan Having Fun. Sehingga santri merasa enjoy di madrasah karena Full Learning by Playing and Experiencing.
“The Best Process Create The Brilliant Output”, demikianlah prinsip yang diamanahi oleh KH. Hasbullah Achmad selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Jâ-alHaq kepada management MI Plus Jâ-alHaq , dan semua unit pendidikan dibawah naungan Yayasan Jâ-alHaq. The Best Process merupakan pengejawantahan spirit yang kemudian berimplikasi kepada PSB (Penerimaan Santri Baru) dengan tidak melalui sistem tes.Artinya heterogenitas yang tinggi pada kemampuan intelektual dan perilaku santri diawal Tahun Pelajaran tersebut merupakan sebuah keniscayaan.MI Plus Jâ-alHaq secara pasti tidak menstandarkan The Best Process sebagai prasyarat utama penerimaan santri baru.
B. Visi Madrasah
Visi Madrasah Ibtidaiyah Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu yaitu “Menyiapkan generasi muslim yang cerdas intelektual, cerdas emosional, dan cerdas spiritual”.
C. Misi Madrasah
· Melahirkan lulusan dengan kemampuan standar tuntutan sistem Pendidikan Nasional, sekaligus mampu menjawab harapan masyarakat dalam bidang keagamaan.
· Menciptakan lulusan berdaya saing tinggi pada jenjang Pendidikan selanjutnya.
D. Tujuan Madrasah
· Santri beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlaq mulia,
· Santri sehat jasmani dan rohani,
· Santri memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi,
· Mengenal dan mencintai bangsa, masyarakat, dan kebudayaannya, dan
· Santri kreatif, terampil, dan bekerja untuk dapat mengembangkan diri secara terus menerus.
E. Quality Assurance
· Santri memiliki akidah yang benar melalui akdatul khamsin
· santri mampu mengamalkan ibadah-ibadah mahdoh dengan baik dan benar
· santri hafalalQuran juz 30 dengan fasih
· santri hafal doa sehari-hari dan membiasakannya
· santri hafal 101 hadis budi luhur dan mengamalkannya
· santri berprilaku terpuji dan menghindar prilaku tercela
· santri mampu berbahasa Indonesia dengan benar
· santri mampu berbahasa arab dan inggris secarasederhana
· santri menguasai keterampilan dasar
· santri mampu mengaplikaskan keterampilan sains dasar
· santri menjadi pencinta ilmu.
· santri memiliki kemampuan dasar literature kitab kuning dan tradisi keilmuan pondok pesantren.
II. KURIKULUM
Sejak wacana pengembangan kurikulum 2013 digulirkan, muncul tanggapan pro dan kontra dari berbagai kalangan pakar dan praktisi pendidikan serta masyarakat lainnya. Wacana pro dan kontra menunjukkan bahwa para pemangku kepentingan memiliki kepedulian dan begitu pentingnya pembangunan sistem pendidikan di negeri ini dalam menyiapkan generasi emas memasuki perkembangan global yang semakin kompetitif dan berorientasi pada keunggulan. Semakin banyak kritik dan saran terhadap kurikulum 2013 ini diharapkan lebih mematangkan kurikulum yang sedang dikembangkan.
Management MI Plus Jâ-alHaq menyadari betul bahwa kurikulum dibuat untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa depan melalui pengetahuan, keterampilan, sikap dan keahlian untuk beradaptasi serta bisa bertahan hidup dalam lingkungan yang senantiasa berubah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di era kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudiono (SBY),Muhammad Nuh, dalam berbagai kesempatan menegaskan perubahan dan pengembangan kurikulum 2013 merupakan persoalan yang penting dan genting. Alasan perubahan kurikulum, kurikulum pendidikan harus disesuaikan dengan tuntutan zaman. Karena zaman berubah, maka kurikulum harus lebih berbasis pada penguatan penalaran, bukan lagi hafalan semata. Sehingga pengembangan atas kurikulum yang senantiasa di-update oleh management MI Plus Jâ-alHaq, merupakan sebuah siklus yang tidak akan pernah berakhir. Demi kesinambungan antara kurikulum dahulu, sekarang dan yang akan datang. Sejalan dengan peraturan kemendikbud tersebut, di MI Plus Jâ-alHaq sudah menerapkan Kurikulum 2013 dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan menggunakan pendekatan tematik yang diberlakukan untuk kelas I dan IV. Seiring dengan pergantian presiden yang ketujuhyaitu Joko Widodo, akan berdampak pada pergantian kabinet kerja, tentunya kementerian pun berganti, menjadi hal yang sangat krusial bagi tenaga pendidik adalah pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, merupakan suatu keniscayaan bahwa dengan bergantinya menteri pendidikan nasional, maka kurikulum pun akan berganti. Meskipun kita tahu bahwa kurikulum sebelumnya apakah sudah berjalan dengan baik atau belum, sudah dievaluasi apakah belum?tentu ini menjadi tantangan besar bagi tenaga pendidik di semua satuan pendidikan pada umumnya dan tenaga pendidik di MI Plus Jâ-alHaq khususnya. Bapak Anis Baswedan selaku mendikbud pada era pemerintahan Joko Widodo, sudah mencetuskan pemberitahuan bahwasanya bagi Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang sudah menerapkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013-2014, maka dianjurkan untuk melanjutkan Kurikulum 2013 tersebut, bagi sekolah atau madrasah yang baru memulai K13 pada tahun ajaran 2014-2015 dianjurkan untuk kembali pada kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ). MI Plus Jâ-alHaq merupakan madrasah yang baru memulai K13 pada TA 2013-2014, namun demikian berdasarkan Keputusan Kementerian Agama Nomor 207 Tahun 2014 tentang kurikulum madrasah dan ditindaklanjuti dengan adanya surat edaran DIRJEN PENDIS No SE/DJ.I/PP.00.6/I/2015 bahwa satuan pendidikan dibawah naungan kementerian agama tetap menggunakan k13 dan terkhusus untuk pelajaran PAI dan Bahasa Arab. Untuk itu MI Plus Jâ-alHaq menggunakan kurikulum 2013 (K13) khususnya untuk kelas I, II, IV, & V. dan pada tahun pelajaran 2015-2016 MI plus ja-alHaq sudah menggunakan kurkulum 2013 secara keseluruhan, dari kelas I-VI, sampai sekarang.
A. Pengertian Umum Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi pembelajaran bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
B. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh pesertra didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam enam kelompok, yaitu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak; kewarganegaraan dan kepribadian; ilmu pengetahuan dan teknologi; estetika; jasmani; olahraga dan kesehatan; dan kepesantrenan.
Struktur kurikulum MI Plus Jâ-alHaq meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI
Struktur kurikulum MI Plus Jâ-alHaq berdasarkan Standar Isi dan Sandar Kompetensi Lulusan, yaitu sebagai berikut :
· Kurikulum MI Plus Jâ-alHaq memuat 20 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri,
· Pembelajaran pada kelas I,II,III IV, V dan VI dilaksanakan melalui pendekatan tematik, walaupun dalam pelaksanaanya pada kurkulum 2013 mata pelajaran matematika ( buku yang digunakan terpisah dari buku tematik).
· Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 43 minggu.
STRUKTUR KURIKULUM
MADRASAH IBTIDAIYAH PLUSJÂ-ALHAQ
KOMPONEN
|
Kelas dan Alokasi Waktu
| |||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
| |
A. Mata Pelajaran Agama Islam
| ||||||
1. Alquran
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2. Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Aqidah dan Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4. Fiqih
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
5. Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
6. Fiqih Salafi
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
7. Nahwu
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
8. Shorof
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
9. Tauhid
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
10. Yanbu’a
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
B. Mata Pelajaran Umum
| ||||||
1. Pendidikan Kewarganegaraan
|
Pendekatakan Tematik
| |||||
2. Bahasa Indonesia
| ||||||
3. Bahasa Arab
| ||||||
4. Matematika
| ||||||
5. Ilmu Pengetahuan Alam
| ||||||
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
| ||||||
7. Seni Budaya dan Keterampilan
| ||||||
8. Pendidikan Jasmani dan Olahraga
| ||||||
C. Muatan Lokal
| ||||||
1. Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. T I K
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
D.Pengembangan Diri
| ||||||
1. Kepanduan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Hadroh
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Futsal
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4. Tari Tradisional
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5. English Club
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
6. Tilâwatu al-Qur’ân
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
7. Mathematic Club
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8. Science Club
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
9. Kaligrafi
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
10. Tahfidz
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
Jumlah Jam
|
50
|
50
|
57
|
63
|
63
|
63
|
C. Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan beban belajar di MI Plus Jâ-alHaq sebagai berikut :
Beban Mengajar Madrasah Ibtidaiyah Plus Jâ-alHaq
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Satu Jam Pembelajaran Tatap Muka (Menit)
|
Jumlah Jam Pembelajaran per Minggu
|
Minggu Efektif Per Tahun Pelajaran
|
Waktu Pembelajaran per Tahun
|
Jumlah Jam Per Tahun (@ 60 menit)
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
I s/d III
|
35 menit
|
· Kelas : I & II 50 jam pelajaran
· Kelas III 57 jam pelajaran
|
38 Minggu
|
· Kelas : I & II : 1900 jam pembelajaran
· III : 2.166 Jam pembelajaran
Ø Kelas : I & II. 66.500 menit
Ø Kelas III. 75.810 menit
|
· Kelas : I & II. 1.108 jam
· Kelas III. 1.263,5 jam
|
IV s/d VI
|
35 menit
|
63 jam pelajaran
|
38 minggu
|
2394 jam pembelajaran (83.790 menit)
|
1.396,5 jam
|
D. Metode Pembelajaran
· Pembelajaran mengedepankan nilai-nilai keimanan dan keislaman sebagai dasar pemberian pelayanan tingkat dasar.
· Dikemas dalam Habitual Of Moeslem
· Brain gym, Games and Learning By Playing and Experiencing
· Moving
· Educating
· Challenging
· Having fun
· Jari Aljabar
E. Desain Pembelajaran
Sebagai upaya menjadikan suasana belajar lebih kreatif dan dinamis maka Madrasah Ibtidaiyah Plus Jâ-alHaq mendesain pola pembelajaran yang berpusat kepada santri, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, dengan demikian minat dan bakat yang ada dalam diri santri dapat terstimulasi untuk muncul secara optimal. Sehingga potensi diri santri dapat segera terpetakan sejak dini untuk kemudian dikembangkan lebih lanjut.
Suasana pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas maupun di luar kelas yang dinamis, hangat dan penuh keceriaan serta pendekatan-pendekatan yang dilakukan secara personal, membuat santri secara tidak langsung telah melalui proses enjoyfull learning serta learning by playing and experiencing. Sehingga upaya optimalisasi pembiasaan dan pemunculan santri untuk ber-akhlâqu al-karȋmah dapat dilakukan. Untuk itu, secara umum MI Plus Jâ-alHaq menggunakan desain pembelajaran aktif (student active learning).
F. Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran.Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
ANALISIS HARI EFEKTIF BELAJAR
KALENDER PENDIDIKAN MI PLUS JA-ALHAQ
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Bulan
|
Smt
|
Hari
|
Jml Hari
|
Kegiatan
| |||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
| ||||
Juli
|
Semester I
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
15
|
13 sarasehan & pembagian perlengkapan
15-16 MOS
|
Agustus
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
22
|
11-08-19 hari raya idul adha
17-08-19 Hari kemerdekaan RI
| |
September
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
25
|
01-09-19 tahun baru islam
| |
Oktober
|
4
|
5
|
5
|
5
|
4
|
4
|
27
|
-
| |
November
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
25
|
09-11-19
Maulid nabi Muhammad saw
| |
Desember
|
3
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
11
|
- 02-14 Des-19
Ujian semester1
- 21 des19
Pembagian raport
- 24-25 Des 2019
cuti bersama
- 23-31-19 libur semester I
| |
Jumlah
|
22
|
22
|
21
|
21
|
21
|
18
|
125
|
-
|
Semester Genap
Bulan
|
Smt
|
Hari
|
Jml
Hari
|
Kegiatan
| |||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
| ||||
Januari
|
Semester II
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
4
|
26
|
- 01-01-20 thn baru masehi
- 02 -01-20 awal semester
|
SFebruari
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
5
|
24
|
- 25-02-20 tahun baru imlek
| |
Maret
|
5
|
5
|
3
|
4
|
4
|
5
|
26
|
-22-03-20 isra mi’raj nabi Muhammad
-25-03-20 hariraya nyepi
| |
April
|
4
|
4
|
5
|
5
|
3
|
4
|
25
|
- 10-04-20 wafat Isa almasih
| |
Mei
|
3
|
4
|
4
|
2
|
4
|
5
|
22
|
01-05-20 harI buruh
07-05-20 har raya waisak
21-05-20 kenaikan isa almasih
24,25-05-20 hari raya idul ftri
| |
Juni
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
1
|
13
|
01-06-20 hari lahir pancasila
02-13 juni2020
ujian semester 2
| |
Jumlah
|
23
|
23
|
22
|
22
|
22
|
24
|
136
|
-
|
G. Kapasitas kelas
No
|
Kelas
|
Jumlah Santri
Dalam Kelas
|
Jumlah Guru Pembimbing
|
1
|
I (Santri baru)
TP. 2019/2020
|
22 Santri
|
1 Guru pembimbing
1 Guru Takhashshush
1 Guru Bahasa Arab
|
2
|
II
|
20 Santri
|
1 Guru pembimbing
1 Guru Takhashshush
1 Guru Bahasa Arab
|
3
|
III
|
25 Santri
|
1 Guru pembimbing
1 Guru Takhashshush
1 Guru Bahasa Arab
|
4
|
IV
|
24 Santri
|
1 Guru pembimbing
1 Guru Takhashshush
1 Guru Bahasa Arab
|
5
|
V
|
22 Santri
|
1 Guru pembimbing
1 Guru Takhashshush
1 Guru Bahasa Arab
|
6
|
VI
|
24 Santri
|
1 Guru pembimbing
1 Guru Takhashshush
1 Guru Bahasa Arab
|
H. Rincian Kegiatan Harian
NO
|
HARI
|
WAKTU
|
URAIAN KEGIATAN HARIAN
|
1
|
Senin – Jumat
|
07.30 s/d 09.00
|
Doa awal belajar, shalat dluha, asmâ-u al-husnâ, yanbu’a, dan pengembanagan bahasa
|
09.00 s/d 09.20
|
Makan Pagi dan Break
| ||
09.20 s.d 10.30
|
Pelajaran Pertama, Brain Gym, Games
| ||
10.30 s/d 11.40
|
Pelajaran Kedua, Brain Gym, Games
| ||
11.40 s/d 12.15
|
Pelajaran Ketiga, Brain Gym, Games
| ||
12.15 s/d 12.50
|
Shalat Zhuhur, Tadarus Alquran, break, Makan siang
| ||
12.50 s/d 14.00
(Kelas 1 dan 2)
13.00 s/d 16.00
(Kelas 3 s/d 6)
|
Pengayaan, Remedial, mathematic clubxx, science clubxx, English clubxx, Shalat Ashar, Tadarus Alquran, Salaf books club, pulang
| ||
2
|
Sabtu
|
07.30 s/d 09.00
|
Doa awal belajar, shalat dluha, asmâ-u al-husnâ, yanbu’a, dan pengembanagan bahasa
|
09.00 s/d 09.20
|
Makan Pagi dan Break
| ||
09.20 s/d 09.55
|
Senam pagi
| ||
09.55 s/d 11.05
|
EKSTRAKURIKULER
| ||
10.05 s/d 12.15
|
Pengembangan bahasa ( Arab /inggris)
| ||
12.15 s/d 13.00
|
Break, shalatZhuhur, Tadarus Alquran, Pulang
|
I. Program Akademik, Ko-Kurikulum & Extrakulikuler
Adanya Program Ko-Kurikuler & Extrakulikuler yang diselenggarakan oleh MI Plus Jâ-alHaq dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial, serta potensi dan prestasi santri. Melalui ragam desain kegiatan yang variatif, santri dapat berlatih aneka ragam keterampilan, menyalurkan hobby, berlatih organisasi, mengembangkan kemampuan-kemampuan lain dan menyalurkan minat dan rekreasi serta memupuk jasmani mereka. Santri juga dilatih keterampilan sosial dan personalnya diluar penguasaan akademik, pada kegiatan-kegiatan ini santri dapat juga melatih kepekaan sosial, karena merupakan salah satu media potensial untuk pembinaan karakter dan peningkatan mutu akademik santri, maka program ini memiliki peran yang cukup besar bagi kesuksesan santri madrasah dan di masa yang akan datang.
Orientasi pendidikan di MI Plus Jâ-alHaq tidak hanya meliputi bidang akademik atau vokasional semata, tidak hanya belajar teori, tetapi juga mempraktikkannya untuk memecahkan persoalan kehidupan sehari-hari.
Program Ko-Kurikuler & Extrakurikuler MI Plus Jâ-alHaq merupakan kegiatan sebagai upaya optimalisasi potensi, bakat dan minat santri. Dengan demikian MIR (Multipple Inteligences Research) merupakan instrument yang memuat data kepribadian santri dan menjadi pemandu bagi pendidik di MI Plus Jâ-alHaq dalam memberikan rekomendasi kegiatan extrakurikuler bagi santri mengacu kepada delapan kecerdasan howard gardner yakni; linguistic, logic-matematik, intrapersonal, interpersonal, visual-spasial, body-kinestik, music-naturalis. Satu lagi nilai plus bagi madrasah dengan jenjang pendidikan tingkat dasar.
TABEL KO-KURIKULER
No
|
Nama Kegiatan
|
Lokasi Kegiatan
|
1
|
Study Wisata
|
Lihat tabel Rincian kegiatan santri
|
2
|
Garden Family Adventure
|
Lihat tabel Rincian kegiatan santri
|
3
|
Art Celebration
|
Lihat tabel Rincian kegiatan santri
|
4
|
PHBI dan PHBN
|
Lihat tabel Rincian kegiatan santri
|
5
|
Student Back To Nature
|
Lihat tabel Rincian kegiatan santri
|
6
|
MOS
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
TABEL EXTRAKURIKULER
No
|
Nama Kegiatan
|
Lokasi Kegiatan
|
1
|
Pramuka
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
2
|
Hadroh
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
3
|
English Club
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
4
|
Sains Club
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
5
|
Matematic Club
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
6
|
Seni musik
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
7
|
Seni tari
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
8
|
Da’i cilik
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
9
|
Futsal
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
10
|
Taekwondo
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
11
|
Tilawah/MTQ
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
12
|
Tahfiz
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
13
|
Calistung
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
14
|
Kaligrafi
|
MI Plus Jâ-alHaq
|
Komentar
Posting Komentar